Piranti komputer terdiri dari dua bagian,yaitu:
1. Piranti masukan ( Input Device )
2. Piranti keluaran ( Out Device )
Beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat memilih piranti, antara lain sebagai berikut:
A. Kondisi lingkungan
B. Keselamatan kerja
C. Variasi dalam tugas
D. Hubungan dengan pekerjaan lain
Piranti komputer perlu disesuaikan antara teknologi, pengguna, kerja yang diinginkan dan lingkungan kerja. Cocok dengan karakteristik pengguna, keahlian dan training yang pernah dilakukan.
Piranti masukan (Input Device) adalah berhubungan dengan proses perekaman dan pemasukan data ke dalam sistem komputer dengan cara atau mekanismenya memberi perintah ke komputer,
Agar dapat berinteraksi dengan sistem komputer secara efektif, pengguna harus mampu mengkomunikasikan keinginannya dengan cara yang dapat dimengerti system komputer.
Salah satu kunci dalam membantu dalam pemilihan piranti masukan dan memutuskan bagaimana akan digunakan untuk mengendalikan suatu kejadian dalam sistem adalah dengan membantu pengguna untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan:
1. AMAN
2. EFEKTIF
3. EFISIEN
4. MENYENANGKAN
Pemilihan piranti masukan harus memberi kontribusi positif terhadap penggunaan sistem
Secara umum piranti masukan yang paling tepat akan memenuhi salah satu faktor berikut:
1. Cocok dengan karakteristik pengguna, keahlian, dan training yang pernah dilakukan
2. Sesuai dengan tugas yang akan dilakukan
3. Sesuai dengan maksud pekerjaan dan lingkungannya
Dalam praktek tidak ada satu piranti masukan yang dapat memenuhi semua kebutuhan diperlukan lebih dari satu piranti masukan agar dapat saling melengkapi misalnya:
keyboard dan mouse
Secara umum:
* mudah digunakan
* bentuknya ergonomis
* mempunyai sistem umpan balik yang baik
Panduan Memilih Piranti
o Pertimbangkan karakteristik dari user sekarang dan masa datang
o Cocokkan karakteristik piranti masukan terhadap persyaratan yang diminta
o Pertimbangkan penelitian sebelumnya dan unjuk kerja user
o Ujilah piranti masukan didalam lingkungan kerja
o Optimumkan sifat-sifat piranti yang mudah dimodifikasi
B. Keselamatan kerja
C. Variasi dalam tugas
D. Hubungan dengan pekerjaan lain
Piranti komputer perlu disesuaikan antara teknologi, pengguna, kerja yang diinginkan dan lingkungan kerja. Cocok dengan karakteristik pengguna, keahlian dan training yang pernah dilakukan.
Piranti masukan (Input Device) adalah berhubungan dengan proses perekaman dan pemasukan data ke dalam sistem komputer dengan cara atau mekanismenya memberi perintah ke komputer,
Agar dapat berinteraksi dengan sistem komputer secara efektif, pengguna harus mampu mengkomunikasikan keinginannya dengan cara yang dapat dimengerti system komputer.
Salah satu kunci dalam membantu dalam pemilihan piranti masukan dan memutuskan bagaimana akan digunakan untuk mengendalikan suatu kejadian dalam sistem adalah dengan membantu pengguna untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan:
1. AMAN
2. EFEKTIF
3. EFISIEN
4. MENYENANGKAN
Pemilihan piranti masukan harus memberi kontribusi positif terhadap penggunaan sistem
Secara umum piranti masukan yang paling tepat akan memenuhi salah satu faktor berikut:
1. Cocok dengan karakteristik pengguna, keahlian, dan training yang pernah dilakukan
2. Sesuai dengan tugas yang akan dilakukan
3. Sesuai dengan maksud pekerjaan dan lingkungannya
Dalam praktek tidak ada satu piranti masukan yang dapat memenuhi semua kebutuhan diperlukan lebih dari satu piranti masukan agar dapat saling melengkapi misalnya:
keyboard dan mouse
Secara umum:
* mudah digunakan
* bentuknya ergonomis
* mempunyai sistem umpan balik yang baik
Panduan Memilih Piranti
o Pertimbangkan karakteristik dari user sekarang dan masa datang
o Cocokkan karakteristik piranti masukan terhadap persyaratan yang diminta
o Pertimbangkan penelitian sebelumnya dan unjuk kerja user
o Ujilah piranti masukan didalam lingkungan kerja
o Optimumkan sifat-sifat piranti yang mudah dimodifikasi
Kategori Piranti Masukan
Keyboard
* Salah satu piranti input yang paling utama untuk berinteraksi dengan sistem komputer dan piranti terbaik untuk masukan berbentuk teks
* Kelemahan: untuk melaksanakan pekerjaan berbentuk pilihan ( mis: dari suatu menu ), keyboard lebih lambat, kurang akurat, dan kurang disukai pengguna dibandingkan piranti masukan lainnya
* Tombol pada keyboard dikelompokkan menjadi 4 bagian : Tombol Fungsi ( function key ), Tombol Alphanumerik ( alphanumeric key ), Tombol Kontrol ( control key ) , dan Tombol Numerik ( numeric key )
Types of Keyboard
• Enhanced or Extended keyboard – Typically 101 keys laid out in the QWERTY fashion; connected to the computer by a serial cable
• Cordless keyboard – Uses infrared or radio wave signals
• Ergonomic keyboard – Designed to help prevent Cumulative Trauma Disorder ( CTD ) or damage to nerve tissues in the wrist and hand
• Due to repeated motion
Keyboard QWERTY
* Didesain sedemikian rupa sehingga key yang paling sering ditekan terpisah letaknya, sehingga bisa meminimalkan kemacetan pada saat mengetik
* Umumnya orang sudah familiar dengan layout keyboard yang disebut dengan “QWERTY”, yaitu susunan huruf tombol kiri atas.
* Pertama kali digunakan pada mesin ketik di USA tahun 1874
Audio
Microphone – Speech recognition
Mikrofon
Prinsip kerja mikropon adalah pengubahan variasi tekanan udara karena adanya suara, menjadi variasi isyarat listrik
Automatic Speech Recognition (ASR)
Sistem ASR dapat mengenali masukan berupa kata-kata dalam kalimat, sistem ini memiliki: penganalisis, pengklasifikasi pola, dan pemrosesan bahasa.
Speech Recognition – Microphon
• Speech recognition is a type of input in which the computer recognizes words spoken into a microphone
• Special software and a microphone are required
• A microphone – an input device that converts sound input into electrical signals
• Latest technology uses continuous speech recognition where the user does not have to pause between words
Pointing Devices
• Piranti ini dapat digunakan untuk menunjuk suatu titik atau jalur
• Piranti penunjuk ini meliputi: joystick, trackballs, dan mouse
• Piranti penunjuk merupakan piranti masukan kontinyu, meskipun mouse dapat dianggap sebagai piranti kontinyu dan diskret ( dengan menekan tombol mouse )
Mouse
* Sebuah mouse menggabungkan dua operasi penting berbasis layar:
o Kemampuan menggerakkan kursor
o Kemampuan memilih suatu obyek pada layar ke dalam satu piranti
* Gerakan mouse pada permukaan datar menentukan gerakan kursor pada layar, mouse umumnya mempunyai 1 sampai 3 tombol pada bagian atas untuk pilihan obyek
Joystick
Gerakan kursor pada joystick dikendalikan sebuah tuas yang ditanamkan pada sebuah alas
Sifat Joystick :
o Membutuhkan tempat yang sedikit
o Tidak mengganggu layar
o Harganya murah, sehingga banyak digunakan pada permainan komputer (game)
Light Pen
1. Merupakan pena yang membangkitkan informasi ketika ditudingkan pada layar. Ketika light pen ditudingkan pada tampilan CRT, sebuah lensa memfokuskan setiap cahaya yang dipancarkan dari layar menuju sebuah detektor cahaya atau photocell
2. Permasalahan pada light pen:
o pena dpt mengganggu layar
o gampang rusak atau patah
o melelahkan tangan
Touch Screen
1. Digolongkan dalam panel sensitif sentuhan
2. Keuntungan touch screen:
3. Cepat dan tidak membutuhkan pointer khusus
4. Baik untuk pemilihan menu
5. Membutuhkan sedikit atau tanpa tambahan ruang kerja
Kerugian :
* Jari-jari dapat mengotori layar
* Jari tangan bukan alat penuding yang presisi, terutama untuk untuk menuding bagian-bagian daerah yang kecil
Multi-Touch Interaction
Scanner
* Merupakan peranti yang dapat mengambil masukan data gambar, foto, juga tulisan tangan
* Hasilnya kemudian diubah menjadi isyarat digital dan dapat disimpan di dalam disk
Alternative Input Devices,terdiri dari:
1. Digital Camera
2. Digital Video
3. Video-conferencing
4. Web Cam
Piranti Keluaran (Output Devices)
• adalah piranti yang digunakan oleh pemakai untuk menampilkan atau memperdengarkan hasil proses data komputer
Piranti keluaran terdiri dari :
• Visual output – Teks, Grafik dan Video
• Audio output – Suara, musik
Visual Display System
• Video adapter – Responsible for video quality
• Monitor – Displays the video adapter’s output
Monitor
• adalah piranti komputer yang menampilkan keluaran dari komputer ke layar
Tipe Monitor:
• Cathode-ray tube (CRT)
• Liquid Crystal Display (LCD or flat-panel)
Printer
1. A printer is a peripheral device that produces a physical copy or hard copy of the computer’s output
INKJET
LASER
Multifunction Printer
A multifunction printer combines the functions of a non-impact printer, scanner, fax machine,
and copier in one unit
Plotter
*A plotter is a printer that uses a pen that moves over a large revolving sheet of paper
*It produces high-quality images
*It is used in engineering, drafting, map making, and seismotology
Tidak ada komentar:
Posting Komentar